I think the best job in the world is …
Mei 15, 2022
Semangat Ramadhan
Mei 31, 2022
Show all

Halal Bihalal Mengajarkan Kita untuk Memeluk Keberagaman

Saban tahun, umat Islam di seluruh dunia menyelenggarakan puasa Ramadan, yang diikuti dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Di momen Idul Fitri itu lah, umat muslim saling mengunjungi keluarga, sanak saudara, tetangga, hingga kerabat dekat maupun jauh. Tradisi mengunjungi saudara itu dikenal dengan istilah Halal Bihalal. Pada Jumat, 13 Mei 2022, Sekolah Harapan Bangsa Modernhill, Pondok Cabe, Tangerang Selatan menggelar peringatan Halal Bihalal yang diikuti oleh seluruh guru dan siswa secara virtual.

Halal bihalal yang diikuti oleh siswa dari kelas masing-masing itu mengangkat tema tentang “Menghayati Nilai Halal Bihalal: Menguatkan Kembali Komitmen Islam terhadap Kemanusiaan”. Dengan tema tersebut, siswa diharapkan mampu mengembangkan nilai toleransi terhadap tradisi dan ekspresi keagamaan, berkemauan meminta dan memberikan maaf kepada orang lain, dan mengamalkan nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari meskipun tinggal dalam lingkungan yang beragam.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibawakan dalam empat Bahasa, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Indonesia oleh siswa-siswi Sekolah Harapan Bangsa Modernhill. Salah satu kutipan ayat yang dibacakan adalah tentang bagaimana Tuhan menciptakan manusia dan menjadikannya berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal dari Q.S. Al-Hujurat ayat 10-13.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia dan kepala sekolah. Misbahul Munir, S.Si., Ketua Panitia Halal Bihalal yang juga merupakan guru Biologi di Sekolah Harapan Bangsa Modernhill menyebutkan, Halal Bihalal adalah momen di mana umat Islam bersatu terlepas dari ekspresi keislaman yang dimiliki, baik tradisional seperti kejawen, fundamentalis, moderat, hingga liberal.

Selain itu, ia juga mengajak siswa untuk mengenal bahwa selain persatuan sebagai umat Islam, masyarakat Indonesia juga terikat dalam ukhuwah wathaniyah sebagai bangsa Indonesia, dan ukhuwah insaniyah sebagai umat manusia. Sehingga menghargai perbedaan dan memeluk keberagaman adalah hal mutlak sebagai nilai yang perlu dimiliki siswa.

Sisilia Juni Arianti, S.Pd., Kepala SMP Harapan Bangsa Modernhill juga mengingatkan kepada siswa bahwa ritual ibadah keagamaan yang dilakukan umat Islam mengandung nilai kemanusiaan. Di antaranya adalah puasa sebulan penuh di Bulan Ramadan mengajarkan kepada pemeluknya untuk mengingat bahwa lapar yang dirasakan dapat menyadarkan mengenai privilise yang dimiliki untuk bisa makan 3 kali sehari, sedangkan di luar sana banyak orang yang mengalami kelaparan.

Di samping itu, kegiatan zakat fitrah selain dilakukan untuk memenuhi perintah sebagai rukun Islam yang harus dipenuhi, juga menjadi wadah untuk menyalurkan sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, dalam acara Halal Bihalal ini, Sekolah Harapan Bangsa Modernhill juga memberikan donasi kepada Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Muhajirin, Pondok Cabe, Tangerang Selatan dengan uang tunai sebesari Rp. 9.725.000,-.

Dalam acara yang berlangsung selama dua jam ini, panitia juga mengundang Ustaz Muhammad Hafidz Andrian, S.Sos., pendiri The Great Generation Character Building Center yang didapuk sebagai pembicara. Dia menekankan pentingnya menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. “Saya yakin, semua agama pasti mengajarkan kebaikan,” ujarnya mantap.

Dia juga menyinggung bahwa Sekolah Harapan Bangsa Modernhill adalah miniatur yang bisa merepresentasikan Indonesia, karena memiliki siswa dengan latar belakang agama yang sangat beragam, mulai dari Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. “Sekolah ini akan menciptakan generasi pemimpin yang cerdas, plural, toleran, dan dengan bangga memeluk keberagaman,” ucapnya penuh semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *