ARTIKEL KELULUSAN (SD HARAPAN BANGSA – MODERNLAND)
Juni 14, 2022
The Importance of Literature
Juni 14, 2022
Show all

Selamat tinggal untuk produk plastic sekali pakai

Seruan yang luar biasa untuk Sekolah Harapan Bangsa

Eropa ingin memimpin perang melawan polusi plastik. Pada 18 Januari, negara-negara anggota Uni Eropah mengkonfirmasi kesepakatan sementara yang dicapai antara kepresidenan Dewan dan Parlemen Eropa tentang arahan baru untuk memperkenalkan pembatasan pada produk plastik sekali pakai tertentu. Pada tahun 2021 warga Eropa akan mengucapkan selamat tinggal pada peralatan makan plastik, piring plastik, dan sedotan plastik di banding dengan produk-produk lainnya.

Tujuan dari arahan tersebut, yang merupakan bagian dari Strategi Plastik Eropa, adalah untuk melindungi lingkungan dan mengurangi sampah laut dengan menghindari emisi 3,4 juta ton CO2. Namun, perlu dicatat pentingnya manfaat ekonomi yang akan dibawa oleh peraturan baru: arahan tersebut dapat menghindari kerusakan lingkungan yang akan menelan biaya setara dengan €22 miliar ($24,9 miliar) pada tahun 2030 dan menghemat konsumen yang diproyeksikan sebesar €6,5 miliar ($7,38). miliar). Pemerintah Spanyol telah mengumumkan komitmennya untuk mematuhi arahan yang akan datang.

Langkah-langkah yang dibahas terkait erat dengan perkiraan terbaru tentang sampah laut, menurut Komisi Eropa, 85% dari sampah pantai merupakan sampah plastik, yang menyebabkan konsekuensi bencana bagi lingkungan. Organisasi WWF telah menunjukkan efek dramatis dari penggunaan plastik yang berlebihan, pengelolaan sampah yang buruk, dan pariwisata massal di Laut Mediterania, yang merupakan laut yang paling banyak dikunjungi di Eropa.

Indonesia dengan populasi 275,40 juta saat ini menghasilkan 6,8 juta ton sampah plastik per tahun, dengan hanya sekitar 10% yang berakhir di pusat daur ulang. Sekitar 625.000 ton sampah plastik tahunan berakhir di lautan. Indonesia harus waspada!

oleh: Ehnrico

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *